"Belajarlah terus, karena bisa saja ilmu yang kita miliki sudah kadaluarsa atau bahkan salah. Belajarlah sampai akhir hayat."

Rabu, 28 April 2010

Badko TPQ Grogol adakan Training Ustadz-Ustadzah TPQ

Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al Qur’an (Badko TPQ) Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo adakan Training Ustadz-Ustadzah TPA/TPQ/TK/PAUD se-Kecamatan Grogol bertempat di kompleks Panti Asuhan Yatim (PAY) Muhammadiyah Putra, Telukan, Grogol, Sukoharjo, Ahad (25/4) lalu. Kegiatan yang menghadirkan Tim Trainer dari Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al Qur’an LPTQ Nasional di Yogyakarta “Tim Tadarus AMM Yogya” tersebut diikuti oleh 200 peserta. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang rencananya akan diadakan oleh Badko TPQ Kecamatan Grogol setiap tahunnya, dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan Ustadz-Ustadzah dalam proses pembelajaran dan pengelolaan TPQ.

Adapun Materi yang disampaikan pada kesempatan itu antara lain: Prinsip-prinsip Metodologi Iqro’, Profil Ustadz Ideal, dan Panduan Praktis Pengelolaan TKA/L-TPA/L-TQA. Pada kesempatan itu, Ustadz As’ad Humam, salah seorang Tim Trainer menyampaikan bahwa pemberantasan buta huruf Al Qur’an di kalangan masyarakat umum sangat perlu dilakukan oleh semua pihak, salah satunya melalui TPA/TPQ. Pasalnya prosentase buta huruf Al Qur’an, dari tahun ke tahun menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan. Pada tahun 1950, umat islam Indonesia yang tidak mampu membaca Al Qur’an hanya ada 17%, dan pada tahun 1980 meningkat menjadi 56%. Kemudian dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Pengurus Muhammadiyah Wilayah DKI Jakarta bekerjasama dengan Dewan Dakwah Indonesia (DDI) pada tahun 1988 didapati fakta bahwa 75% pelajar SMA di Jakarta buta huruf Al Qur’an.

“Sebagai ajang pengembangan kemampuan Ustadz-Ustadzah dan Pengelola TPA/TPQ melalui training-training semacam ini sangat perlu digalakkan kembali, untuk menumbuhkan kembali semangat pemberantasan buta huruf Al Qur’an,” tegas Ketua Badko TPQ Kabupaten Sukoharjo, Hasman Budiadi, SE.MM. dalam sambutannya sekaligus membuka acara training. Info selengkapnya mengenai pelaksanaan kegiatan, hubungi Iwan Setiyoko, Ketua Badko TPQ Kecamatan Grogol, Phone/SMS Online: 081329188236.


Badko TPQ Grogol adakan pelatihan ustaz/ustazah
Grogol (Espos) .  Badan Koordinasi Taman Pendidikan Alquran (Badko TPQ) Kecamatan Grogol mengadakan pelatihan ustaz/ustazah TPA/TPQ/TK/PAUD wilayah Kecamatan Grogol bertempat di Kompleks Panti Asuhan Yatim (PAY) Muhammadiyah Putra, Telukan, Grogol, Sukoharjo, Minggu (25/4).
Menurut Sekretaris Badko TPQ Kecamatan Grogol, Maryadi, melalui keterangan tertulis yang diterima Espos, Rabu (28/4), kegiatan dihadiri pelatih dari Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Alquran LPTQ Nasional Yogyakarta. Acara diikuti 200 peserta. Kegiatan ini rencananya akan diadakan setiap tahun.

Sumber: Solopos Edisi Kamis, 29 April 2010, Hal.VI

0 komentar:

Pengin cari artikel lainnya...?!?