"Belajarlah terus, karena bisa saja ilmu yang kita miliki sudah kadaluarsa atau bahkan salah. Belajarlah sampai akhir hayat."

Kamis, 05 Mei 2011

Pendidikan untuk Kebangkitan Islam

Tak bisa dipungkiri hingga kini pendidikan menjadi salah satu bahan utama dalam pembentukan generasi. Baik pendidikan untuk kecerdasan Emotional, intelegensi, ataupun Spiritual. Pendidikan menjadi salah satu faktor meningkatnya status sosial seseorang. Dan lebih dari itu, pendidikan menjadi modal untuk hidup sukses dunia akhirat.

Tidak lama lagi kita akan merayakan hari pendidikan nasional. Momen ini bisa kita jadikan evaluasi secara universal, apa yang sudah terjadi dengan konsep pendidikan bangsa ini. Apakah Konsep pendidikan yang hingga detik ini ada, tepat untuk mencapai hakikat pendidikan itu sendiri,khusus nya untuk pendidikan seorang muslim yaitu membentuk manusia berkarakter rabbani menuju sukses dunia dan akhirat.

Seperti yang terkutip dalam hadis ini: “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim” (HR. Ibnu Adi dan Baihaqi dari Abbas RA, juga Attraboni dan Al Khatib dari Al Husain bin Ali/ lihat, al-Fathul Khabir, jilid II. h, 213)

Begitu sadarnya Rasulullah saw akan pentingnya menuntut ilmu. Yaitu, Ilmu yang baik yang membuat kita bisa beramal sholeh guna mendapat ke ridho-an Nya. Dan bukankah sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat.

“Katakanlah (hai Muhammad), apakah sama orang-orang yang berpengetahuan dan orang-orang yang tidak berpengetahuan Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran ” (TQS.Az-Zumar ayat 9).

Demikianlah, pendidikan sangat berperan penting untuk kebangkitan Islam. Tuntut Ilmu lah dengan optimal, dan carilah jalan mendekatkan diri padaNya dengan apa yang kau miliki.

Kau yang suka menulis, jadikan pena senjatamu untuk mengajak orang lebih mengenal Islam, kau yang pandai design buatlah banyak sketsa pakaian muslim/ah, kau yang pandai ilmu eksak berbagilah ilmu pada adik-adikmu agar mereka merasakan memiliki kakak yang sholeh/ah sepertimu, kau yang pandai bermusik ciptakan musik hafalan siroh hingga banyak orang yang mudah menghafal siroh, dan banyak lagi keahlian yang pasti Allah amanahkan guna meluaskan syi’ar Islam.

Bermimpilah suatu saat islam akan bangkit, yaitu dengan bangkitnya kesadaran umat muslim untuk berperan serta dalam syi’ar islam.

Wallahualam.

Sumber: Islamedia

0 komentar:

Pengin cari artikel lainnya...?!?