"Belajarlah terus, karena bisa saja ilmu yang kita miliki sudah kadaluarsa atau bahkan salah. Belajarlah sampai akhir hayat."

Senin, 28 November 2011

100 santri tahanan penghafal Al Qur’an di wisuda Menhumkan

Solo (Soloraya Online) – 100 santriwan dan santriwati PPPA (Pondok pesantren Penghafal Al Qur’an) Rutan Solo di wisuda Menhumkam ”Saya bangga dan terharu teryata rumah tahanan ini dapat hidayah AlQur’an, banyak tahanan yang sekarang malah jadi santri-santri yang hebat, saya malah belum pernah di wisuda sebagai penghafal Al- Qur’an lho,” Ujar Patrialis Akbar, Menhumkam ( Menteri Hukum dan HAM) menyambut wisuda PPPA Rutan Solo Gladak.Sabtu (8/8)

Menhunkam berharap dengan di wisuda ini, para santriwan dan santriwati Rutan Solo ini selepas keluar dari tahanan ini akan menjadi suri teladan yang baik bagi masyarakat, apalagi para santri Rutan sudah di wisuda, harus benar-benar menjaga nama baik.

”Lebih –lebih semangat mencintai Al- Qur’an, tidak hanya menghafal tetapi juga harus mampu diamalkan sehari-hari,” kata Patrialis Akbar.

Menurut pantaun Soloraya Online suasana benar-benar haru layaknya wisuda beneran, para santi maju ke depan panggung dengan pakain kebesaran baju toga, sementara para santriwan dan santriwati Rutan Solo naik panggung satu persatu.

Terlihat pak Menhunkam sambil tersenyum tangan pak Menteri menggesar tali topi sesekali berdialog singkat dengan para santri. Begitu selepas pak menteri menggesar tali topi ke ke kiri dan ke kanan, para santri itu juga disambut pak adib Ajiputra sebagai ketua wisata Solo untuk menyerahkan ijazah.

Tak ketinggalan menariknya, para santri wisuda ini juga mendapatkan Mushaf Al-Qur’an dari Kakanwil Propinsi Kementerian Hukum dan Ham, Widi Asmara.

”Alhamdulillah , terimakasih pak ….” ujar salah satu wisudawan menerima Mushaf Al-Qur’an.

Menurut HM Al Amin, pengurus Wisata Hati mengatakan ini berkat kerjasama Rutan Solo dan Darut Qur’an (Wisata hati Solo). Ia berharap pembinanaan para tahanan di rutan dengan model pesantrean ini menjadi contoh bagi rutan –rutan di seluruh Indonesia dalam melakukan pembinaan. ”Agendanya akan dilakukan tiap tahun” imbuhnya.

Dia menjelaskan untuk wisuda 100 santriwan dan santriwati ini sebenarnya terbagi berbagi beberapa kelompok yang pertama lulus Iqro jilid 1-6, kedua yang hafal Al-Fatihah sampai Ad-Dhuha, ketiga yang hafal 30 Juzz dan ke empat yang hafal surat-surat pilihan seperti surat Yasiin, Al-Mulk, Ar-Rahman, Al-Waqi’ah.

Wisuda ini di hadiri kurang lebih 500-an warga binaan Rutan Solo dan 50 tamu undangan. Acara ini di hadiri Patrias Akbar Menhumkan, Muh. Hilal Kepala Rutan Solo, Jajaran Pemkot dan Jajaran Muspida Solo dan Wisata Hati Ustadz Adib Ajiputra (Ketua Wisata hati) Ustadz HM Al- Amin, K.H Rozaq Shofawi (Pengurus). Ustadz H. Agus Ma’arif (Pengasuh PPPA Rutan) dan tokoh masyarakat. (Taufiq Zuliawan)

Sumber: Solo Raya Online

0 komentar:

Pengin cari artikel lainnya...?!?